Hati-Hati dan Perhatikan Hal ini Jika Ingin COD (Cash On Delivery) Anda Terhindar dari Bahaya

COD Gone Wrong


Sosmed memang bisa jadi tempat cepat menjual barang saat kita membutuhkan uang. HP misalnya. Tinggal jepret, trus posting di grup-grup dalam kota, biasanya segera ada yang merespon. Mulai dari yang sekedar komen "UP", tanya-tanya, ngebully, dan yang paling diharapkan adalah yang serius mau beli.

Tapi jual beli HP sistem transfer sangat tidak aman bagi pembeli, terutama jika membelinya bukan pada toko online yang terpercaya. Sehingga sistem ini banyak dihindari oleh calon pembeli. Siapa yang berani mentransfer uang sekian juta, dalam keadaan tidak ada jaminan barang akan dikirim? Terkecuali beberapa orang yang silau dengan permainan kata-kata promosi para penipu online. 

Ya.. COD (Cash On Delivery) adalah solusinya. Janjian di sebuah tempat, diambil sendiri ke rumah atau diantar langsung ke rumah. Kemudian uang diserahkan setelah barangnya cocok. Deal.. transaksi selesai.
Tapi seringkali COD ini dijadikan peluang bagi manusia berhati jahat. Mereka memantau siapa-siapa saja yang posting dagangan yang nilainya lumayan (HP misalnya), kemudian berpura-pura ingin membeli dan mengajaknya COD. Janjian di tempat sepi? atau menyerahkan alamat di daerah sepi dan rawan. Jika tak hati-hati, sama saja penjual diundang ke area yang sudah disiapkan untuk dilakukan tindak kejahatan. Ditambah lagi penjual memajang foto dirinya secara jelas, sehingga dengan mudah komplotan tersebut mengetahui jika targetnya sudah memasuki area. Ujungnya, Uang yang dibutuhkan tak jadi didapat, malah semua barang yang dibawanya bisa raib dari tangan. Semoga kita semua terhindar dari hal seperti ini.
Lalu penjual harus bagaimana?

Setidaknya beberapa hal ini yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan COD di tempat tertentu :
1. Pantau keseharian calon pembeli dengan melihat akun sosmednya, status2nya dll. Walaupun bukan jaminan, setidaknya kita ada penilaian awal melalui akunnya. Jika mencurigakan, atau dirasa tidak aman. Batalkan saja. Keselamatan harus kita utamakan.
2. Jangan pernah COD sendirian. Ajak teman atau rombongan, jika perlu membawa orang yang bisa diandalkan dalam hal keamanan.

3. Jangan pernah mau COD di tempat sepi, atau melalui jalan yang sepi. Jika Anda diminta ke alamat tertentu, cari tahu terlebih dahulu rute ke arah alamat tersebut. Apakah melalui daerah sepi atau rawan kejahatan? Jika tidak aman, ajak ketemu di tempat lain yang aman, atau batalkan sekalian. Tempat-tempat yang ada CCTVnya mungkin bisa jadi pilihan.

4. Jangan menyebutkan ciri-ciri diri, kendaraan, dll kecuali setelah kita sampai di tempat janjian dan yakin segala sesuatunya aman dan terkendali. Karena jika ciri-ciri Anda sudah diketahui misal "Saya nanti pakai jaket merah, motor Vario Biru, Helm Hitam, Plat Motor KT 8972 BB", akan dengan mudah mengetahui kedatangan Anda. Dan mereka bisa bertindak sebelum Anda siap.

5. Janjian hanya melalui japri (Jalur Pribadi semisal Inbox di FB, atau Direct Message di Twitter, atau BBM dll) ya, agar tidak ada pihak lain yang memantau dan mengambil kesempatan ini untuk niat kejahatan.

6. Untuk Anda yang wanita, lebih baik minta tolong suami Anda, atau saudara laki laki Anda untuk melakukan transaksi CODnya. Karena niat kejahatan bisa berkembang ke niat kejahatan yang lebih tinggi ketika ada kesempatan. Jangan sampai sudah kehilangan barang, ditambah kehilangan kehormatan. Na'udzubillah.

7. Kabari keluarga atau teman Anda tentang tujuan Anda COD. Agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan (na'udzubillah, semoga tidak pernah terjadi), lebih mudah mencari lokasi Anda yang butuh pertolongan.

Tentu kita berharap agar hal-hal buruk tidak menimpa kita, tapi harus kita sadari bahwa kemungkinan itu tetap ada, sehingga jangan pernah berkata "Nggak mungkin hal seperti itu menimpa saya". Harus senantiasa waspada dan hati-hati, agar bisa terhindar dari hal-hal buruk tersebut.

Demikian tips dari kami, jika ada hal-hal yang salah atau mau ditambahkan, silakan komentar di kolom komentar web ini ya. Dan jika dirasa bermanfaat, jangan ragu-ragu untuk membagikannya di akun sosmed Anda. Dan jangan lupa untuk senantiasa berdo'a agar diberi keselamatan dan keamanan dalam segala aktivitas kita, karena sebaik-baik pelindung adalah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Adapun yang kami bagikan dalam tulisan singkat ini hanyalah bagian dari upaya kita sebagai hambaNya.

by : Okasha Desain & Cetak
Share on Google Plus

About Percetakan Okasha

Sebuah wadah yang isinya kumpulan manusia yang hari-hari makanannya adalah pusing dan lelah, memikirkan ide-ide segar, dan juga memberikan hasil yang harus memuaskan pelanggan yang berkaitan dengan urusan desain grafis dan juga cetak-cetaknya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment